2015-01-18

Me Time ?? Perlu ngga sih??

Saya tergelitik dengan postingan seorang teman FB tentang me time yang dianggap menyalahi syari'at oleh seorang Ustadz. Menilik dari pertanyaan yang diajukan penanya (yang ternyata seorang laki-laki) dan jawaban yang diberikan oleh sang Ustadz, nampaknya ada perbedaan persepsi mengenai me time itu sendiri dan pengertian me time yang dimiliki oleh sang Ustadz. Maksudnya gini, bisa jadi sang Ustadz ga paham kalau me time yang dimaksud itu cuma simple, kayak waktu untuk sekedar membaca buku, nge-blog, nge-teh dll. Karena yang ditanyakan si penanya itu contoh me time adalah hang out bareng temen tanpa suami dan anak serta aktivitas yang dilakukan istri sebelum menikah. Nah, ga nyambung khaann???!!

Kalau istri yang baik (seperti para pendaftar GA buku duetku :D) pastilah mikir 1000x buat hang out tanpa anak (kalau tanpa suami sih masih mungkin yaa, kan suami kerja). Apalagi kalau hang out-nya itu sampai nginap berhari-hari, liburan sendiri, hehe ga mungkin kaaannn?? Coba deh liat ibu-ibu komunitas FB kalau kopdar, pasti deh pada bawa anak. Secara kalau ibu-ibu itu suka banget mamerin anaknya wkwkwkwk.

Nah, kalau menurut saya me time itu ya perlu bangeett... Ngerasain banget deh yang namanya penat ngurusin tiga anak (dengan 1 bayi) plus berbagai kerjaan rumah tangga sampai ga keburu buat makan dan lupa minum, wewww. Well, kalau suami ada di rumah bolehlah sesekali tolong jagain anak 2 jam aja misalnya buat pergi ke salon di depan gang atau baca buku atau ngeblog atau ke bioskop bareng temen? Lebih bagus lagi kalau masih punya saudara dekat lainnya yang bisa diandalkan buat nitipin anak :D Bisa pergi berduaan deh sama suami, asik kan?

Alhamdulillah meski sudah punya anak tiga, saya masih bisa tidur 5-7 jam sehari, masih bisa nonton drakor kesayangan, masih bisa sesekali ke salon atau ngerujak bareng temen bahkan melakukan hobi saya bersama komunitas. Memang sih, jadinya ga perfek kerjaan rumah saya, misalnya kalau siang pastilah rumah itu dalam keadaan berantakan. Rapinya itu cuma pagi n sore. Trus saya juga jarang masak, karena kalau sudah masak ya ga sempet nyuci dan nyetrika. Kadang saya juga merasa 24 jam itu kurang banget buat saya, dan suka merasa hopeless dengan tumpukkan baju kotor, tapi ternyata kalau dikerjain perlahan tapi pasti ya selesai juga koq.

Alhamdulillah, suami mau dengan senang hati jagain anak-anak kalau saya lagi perlu me time. Dan kalau weekend, ada sepupu yang suka "nyulik" anak-anak ke rumah mereka. Belum lagi eyangnya yang juga sayang banget sama cucu-cucu semata wayang.

Pesen saya, waktu untuk tidur itu penting jangan kurang dari 5 jam deh. Soalnya kalau kurang tidur jadi kliatan di wajah dan jadi lebih sensi, kasian anak-anak kalau ibunya ngomel mulu. Hiruplah udara segar di pagi hari atau selepas hujan, hmmm segaaarrr! Me time saat anak tidur juga bisa koq. Apalagi sekarang sudah ada fasilitas medsos, jaman dulu punya anak 1 belum ada nih. Me time bareng anak juga bisa. Turunkan standar kerapihan rumah, supaya kita juga ga terlalu lelah. Kesehatan seorang ibu lebih penting dari apapun, jadi... makan yang bergizi dan tepat waktu ya bun...



3 komentar:

  1. kalo emak-emak memang perlu me time ya kayaknya...biar gak stress dengan pekerjaan rumah yang tak kunjung selesai
    kebetulan anakku baru satu nih mak, jadi bisa me time pas dia lagi sekolah, bisa browsing, ngeblog, bahkan nonton serial...tapi kalau kerjaan rumah udah selesai dulu pastinya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo baru 1 masih banyak senggang ya mak. Asiknya sekarang banyak kuis di medsos jadi ga mati gaya. Thx for reading :)

      Hapus
  2. Wah waktu baru 1 anak, aku sampe bete banget di rumah. Kerjaan dah beres masih banyak waktu. Dulu fb blm ada. Klo yg anaknya lebih dari 3 gmn ya? Hehe thanks sudah mampir.

    BalasHapus

Komentar baik berupa kritik maupun apresiasi baik yang sopan amat saya nantikan, terima kasih telah singgah di blog ini :)

Share