2012-08-07

Viro, Live the moments :wisata edukasi ke rumah pintar



             Rekreasi tidak melulu harus menempuh jarak yang cukup jauh dengan kisaran waktu lebih dari satu jam perjalanan. Bila di lingkungan tempat kita tinggal ternyata ada tempat rekreasi yang menarik, mengapa tidak dicoba? Seperti yang telah dilakukan para murid Taman Pendidikan AlQur’an (TPA) Al Ikhlas, Permata Duta pada Juli lalu. Anakku, Syahdu (4th,10bl) adalah salah satu murid TPA tersebut dan amat antusias mengikuti rekreasi edukatif ke Rumah Pintar.  Lokasi Rumah Pintar hanya berjarak sekitar 3 km saja dari Lingkungan tempat tinggal kami. Rumah Pintar yang berada di area KOSTRAD Cilodong adalah sebuah rumah yang berisi sentra-sentra edukasi maupun bermain bagi anak-anak usia 3-12 tahun.  Untuk dapat masuk ke dalam Rumah Pintar ini cukup dengan mendaftarkan rombongan kemudian menuliskan jadwal kunjungan sesuai dengan waktu yang tersedia. Maklum, karena kegiatan ini digratiskan, sehingga banyak TPA, TK maupun SD yang berminat melakukan kunjungan ke tempat ini.

                 Tepat pukul 8.30 kami tiba disana, murid TPA yang berjumlah 30 orang segera diatur untuk berbaris rapi. Disana ana-anak langsung dikomando oleh kakak-kakak pemandu yang bertugas disana, dan mereka adalah anggota KOSTRAD loohh...!!! Mereka sangat ramah serta mengayomi anak-anak sehingga tak merasa takut ataupun risih. Diawali dengan perkenalan para kakak pemandu dilanjutkan dengan penyegaran barulah kami diajak berkeliling lingkungan KOSTRAD sebelum memasuki area rumah Pintar
                                         
                                                  gambar 1. anak-anak sedang berbaris

               Wah ternyata di dalam KOSTRAD ini ada kebun-kebun berbagai tanaman. Sebut saja kebun pisang, singkong, kelapa, aneka palawija dan masih banyak lagi. Kemudian ada peternakan kambing juga sapi. Ada juga budidaya jamur dan kompos . Melewati pematang sawah serasa berada di daerah pedesaan yang sejuk. Tak terbayang sebelumnya jika di dalam lingkungan KOSTRAD terdapat pemandangan semacam ini. Sekitar 45 menit berjalan menyusurri kebun dan peternakan, anak-anak masih terlihat antusias dan bergembira. Celoteh riang mereka menemani sepanjang perjalanan ini.

                                              
                     gambar 2. Peternakan dan penggilingan pupuk kandang

                                                       
                             gambar 3. Kebun dengan aneka tanaman palawija

                                                                      
                                             gambar 4. Berjalan di antara empang

                  Kami-pun melepas lelah dengan  duduk-duduk di taman depan Rumah Pintar sembari menikmati makanan ringan dan minuman  yang dibagikan panitia. Wuih rasanya segar sekali minum air putih setelah lelah berjalan.  Air putih memang baik sekali untuk kesehatan, lihat saja Syahdu langsung menghabiskan satu botol penuh air yang disuguhkan.  Menurut departemen kesehatan, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya, dan tidak mengandung logam berat. Seperti  Viro, air minum dalam kemasan yang dipercaya karena mutu dan kemurniannya.

                                                                                                                                               gambar 5. Rumah Pintar

                Setelah segar kembali, barulah anak-anak diizinkan masuk ke dalam Rumah Pintar.   Anak-anak yang masih kecil 3-5 tahun diajak masuk ke dalam sentra bermain yang berisi aneka mainan yang merangsang kreativitas dan imajinasi seperti puzzle dan balok kayu. Anak-anak usia 6-7 tahun diajak masuk ke dalam sentra profesi. Di dalamnya terdapat perlengkpan aneka profesi seperti perlengkapan salon, rumah sakit, menjahit, dan lain-lain. Usia yang lebih besar diarahkan ke dalam sentra laboratorium yang ada. Ada lab IPA dan Komputer. Wah anak-anak tersebut kelihatan asyik menikmati berbagia fasilitas yang ada disana. Ada juga permainan perosotan dan ayunan yang terletak di tengah ruangan.

           gambar 6. Sentra edukasi

            Sayang, karena waktu yang terbatas sehingga kegiatan harus dihentikan setelah setengah jam. Tapi, kegiatan belum berakhir. Masih ada kegiatan renang. Jadi, ada kolam renang yang cukup besar dan menarik di dalam KOSTRAD ini. Anak-anak pun bergegas menuju kolam renang sebelum hari terlampau siang dan cuaca menjadi panas. Untunglah cuaca cukup bersahabat, meski jam sudah menunjukkan pukul sebelas siang, namun matahari tidak terasa terik sinarnya. Awan mendung menggelayuti langit siang itu. Kegiatan berenang merupakan kegiatan penutup dari rangkaian acara rekreasi edukatif hari ini.

                                                                                                                                                         gambar 7. Berenang

             Karena lelah dan kedinginan, anak-anak pun menyantap makan siang dengan lahap dan tentunya Viro sebagai pelega dahaga. Viro sungguh menjadi sahabat baik selama kegiatan ini berlangsung.  Ini akan menjadi momen berkesan dalam hidup anakku dan juga teman-temannya.  Mengenal alam sekaligus bermain bersama teman-teman sebaya dalam sebuah kegiatan rekreasi edukasi. Viro, Live the moments.

Ket: Tulisan ini disertakan dalam lomba ngeblog Viro, Live the moments


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar baik berupa kritik maupun apresiasi baik yang sopan amat saya nantikan, terima kasih telah singgah di blog ini :)

Share