2016-01-25

Semangat Wirausaha SMK Walisongo 2 Depok

Wirausaha adalah salah satu mata pelajaran yang juga diajarkan di SMK Walisongo 2 Depok tempatku mengajar. Tak hanya didukung oleh Guru Wirausaha tapi juga banyak guru lainnya. Yup, karena aku dan temanku juga berkutat di bidang usaha. Wirausaha yang kujalani ialah berdagang secara online sedangkan temanku malah memiliki usaha yang berasal dari kreativitasnya. Diantara kreativitas dari temanku itu ialah membuat bros cantik dari bahan sisa, pohon hias, bunga hias dan masih banyak lagi. Namanya Bu Nurzaenah, ia mengajar Bahasa Indonesia sekaligus seni budaya. Untuk mata pelajaran Kewirausahaan seringkali bersinergi dengan guru terkait lainnya. Siswa membuat suatu karya seni yang sudah diajarkan kemudian menjualnya. Mereka bisa menjualnya secara online melalui fanpage FB Butik Walisongo dan juga secara offline. Sekolah juga menyediakan kegiatan bazaar siswa pada saat kegiatan besar mengundang masyarakat.



Kreasi siswa SMK Walisongo 2 Depok (dok.pri)


Kami membuat tim kecil yang terdiri dari berbagai posisi diantaranya Direktur, Manajer hingga staf layaknya sebuah perusahaan. Posisi Direktur diisi oleh para guru yang berkompeten sedangkan Manajerr diisi oleh para siswa yang ditunjuk karena kemampuannya memimpin teman-temannya. Ini dimaksudkan agar siswa terpacu semangatnya berlomba-lomba untuk bisa sampai ke posisi manajer.Dengan begitu para siswa dapat merasakan sebagian kecil dari kegiatan dari perusahaan yang dikelola sendiri.

Bazaar yang diikuti siswa (dok.pri)
Barang-barang yang dijual di sekolah berupa alat tulis keperluan siswa dan guru, hasil karya seni berupa bros, kerudung, peniti hias, gantungan kunci. Sedangkan untuk keperluan bazaar atau pameran yang diadakan setahun sekali. Ada bunga hias, pohon hias dan tas daur ulang. SMK Walisongo 2 Depok juga dipercaya oleh Dinas Pendidikan Kota Depok sebagai peserta Epitech 2015 yang diadakan oleh Pemerintah Jawa Barat. Epitech yaitu kegiatan yang menampilkan karya-karya unggulan siswa SMK. Alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan.

Tak hanya memproduksi barang dan menjualnya, mereka juga menyusun laporan keuangannya sendiri. Seringkali siswa diminta menghitung sejumlah angka-angka dari perusahaan yang mereka tidak tahu. Dengan menghitung hasil penjualan dari hasil kerja sendiri diharapkan mereka menjadi lebih bersemangat dan aplikatif dalam belajar akuntansi. Sisi positif lainnya siswa memiliki pengalaman kerja dan dapat mengetahui posisi pekerjaan yang lebih disukai dan sesuai dengan bakat serta minatnya.

Selain kegiatan Unit Usaha, siswa juga melakukan wirausaha individu. Setiap hari mereka bergiliran berjualan apapun yang mereka inginkan. Ada yang berjualan kue, ada yang berjualan aksesoris dan lain-lain. Dengan begitu setiap siswa memiliki pengalaman melakukan usaha atau berdagang. Ada yang menghasilkan banyak keuntungan ada juga yang merugi. Dari pengalaman tersebut mereka belajar memilih barang dagangan yang diminati sesuai dengan sasaran pembelinya.


Hanya saja ada kelemahan dari kegiatan Unit Usaha, karena siswa yang bekerja bergantian agar tidak mengganggu pelajaran, sehingga guru harus senantiasa sabar dalam mengajari siswa dan mengecek kegiatan mereka. Untunglah sekolah tidak terlalu memperhatikan sisi keuntungan dari kegiatan ini. Karena tujuan diadakan kegiatan ini semata-mata sebagai pengalaman belajar mereka.  

Maju terus wirausaha SMK! SMK BISA!!!


“Tulisan ini diikutkan dalam Giveaway Semua Tentang Wirausaha yang diselenggarakan oleh Suzie Icus dan Siswa Wirausaha

19 komentar:

  1. senangnya melihat anak-anak remaja yang produktif dan punya mental usaha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangatnya masih harus terus dipupuk supaya tetap berjalan wirausahanya. makasih mak.

      Hapus
  2. seneng deh liat anak muda yang kreatif dan berjiwa usaha. sukses buat anaik muridnya mak

    BalasHapus
  3. Iya bener. Daripada nunggu jadi pegawai mending wirausaha ya

    BalasHapus
  4. ya begitulah anak dari dini diajarkan untuk kreatif dan belajar berwirausaha

    BalasHapus
  5. Senengnya liat anak2 SMK ya gini ya, Mbak. Melihat hasil karya mereka dan proses belajar mereka dalam berwirausaha :)

    BalasHapus
  6. Senengnya liat anak2 SMK ya gini ya, Mbak. Melihat hasil karya mereka dan proses belajar mereka dalam berwirausaha :)

    BalasHapus
  7. Jadi nanti bisa menciptakan lapangan peketjaan sendiri ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya maksudnya memang begitu, supaya anak bisa punya ide untuk bikin wirausaha sebagai bekal alternatif selain jadi pegawai.

      Hapus
  8. Wah bagus nih. Anak remaja dididik untuk produktif daripada melakukan hal-hal negatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mba, inginnya biar bisa lebih berkembang lagi. semoga ya..

      Hapus
  9. huwaa keren banget ini. semoga bisa jadi contoh buat sekolah yang lainnya. Seru seruan sambil menghasilkan ya mbak :)

    BalasHapus
  10. bagus nih mba, jadi anak2 terbiasa berwirausaha, tidak malu berjualan dan jadi punya jiwa enterpreneur

    BalasHapus
  11. semuanya memeang harus dilatih supaya ada pengalaman :)

    BalasHapus
  12. wiiih senang sekali punya anak didik yang kreatif, anak muda memang seharusnya tangguh dan tak mudah mengeluh :)

    BalasHapus
  13. Asiik, maju terus! Yup, SMK bisa!

    BalasHapus
  14. keren nih smk walisongo..
    semangat terus ya
    mungkin kapan2 bisa saling berkunjung ni bu guruu
    makasih ya udah ikutan GA nya:)

    BalasHapus

Komentar baik berupa kritik maupun apresiasi baik yang sopan amat saya nantikan, terima kasih telah singgah di blog ini :)

Share