2016-01-19

Asyiknya Bermain Tali Karet


Mungkin ini yang dinamakan pucuk dicinta ulampun tiba. Baru semalam aku menemani Syahdu belajar tema olahraga tradisional dan permainan tradisional eh nemu GA yang tema-nya menceritakan permainan tradisional yang disukai. Untungnya lagi di kantor belum ada kerjaan, bosnya lagi sibuk rapat. Yah daripada bengong gak jelas mending blogwalking. Sambil menyelam minum air deh, abis blogwalking malah nemu banyak GA. 

Jaman kita kecil dulu kayaknya lebih rame yang permainannya. Aku ingat habis asar atau habis magrib main aneka permainan semacam congklak, bola bekel, lompat karet, ular naga, galasin juga benteng. Semua permainan itu pernah aku lakukan dulu bersama teman-teman masa kecilku terutama saat masih usia SD. Di sekolah (SD) juga kalau lagi istirahat permainan yang dimainkan ya itu tadi. Beda banget ya sama anak jaman sekarang yang lebih suka nonton tv, main game dan main PS. 

Permainan yang paling aku sukai adalah main lompat karet. Aku dan teman-teman mengumpulkan karet-karet kemudian menyatukanya sehingga menjadi sebuah tali yang cukup panjang untuk kami bisa mainkan. Supaya tidak cepat putus kami membuatnya berlapis bisa dobel dua karet bisa juga tiga karet. Semakin kuat dan panjang tentunya semakin bagus. Ada dua versi main tali karet yaitu:


  1. Tali karet direntangkan tiap ujungnya dipegang oleh satu orang. Tali karet direntangkan bertingkat.  Mulai dari setinggi betis penjaga, dengkul, pinggang, dada, telinga, kepala hingga satu jengkal di atas kepala. Setelah itu tim yang bermain melompati tali karet tersebut tanpa mengenai sedikitpun tali itu. Jika sampai menyenggol sedikit saja itu artinya harus bergantian menjadi penjaga.  Ini dilakukan hingga tali karet setinggi pinggang yang menjaga. Jika tali karet sudah di atas pinggang maka yang dilakukan ialah melompatinya dengan gaya tertentu. Ada yang melilitkan di kaki pemain sehingga kemudian pemain bisa berpindah ke sisi sebelah. Awas jangan sampai tali karet terlepas dari kaki sementara pemain masih berada pada sisi sebelumnya. Jika terjadi seperti itu maka pemain dianggap kalah dan menjadi penjaga. Permainan akan berakhir jika sudah ada pemain yang berhasil melalui tahap akhir permainan yaitu tali karet berada di atas kepala atau satu jengkal di atas kepala tergantung perjanjian.
    main karet, sumber disini
  2. Tali karet dipegang ujungnya masing-masing  oleh satu orang kemudian pemain berdiri di samping tali  diantara dua pemegang tali. Pemain bersiap melompat jika tali sudah diputar, awas jangan sampai terbelit di kaki pemain. Jika sampai terbelit maka permainan terhenti dan pemain dianggap kalah. Lompatan disepakati untuk 3, 5, 10 hitungan. Permainan ini memerlukan fisik yang bagus. Melatih kegiatan motorik anak. Makanya anak-anak yang gesit dan tinggi lebih disukai menjadi anggota tim.

 Dulu aku termasuk yang lumayan jago main karet, yah meski kadang kalah sama anak yang lebih tinggi dan gesit. Tapi setidaknya aku gak malu-maluin dulu. Maunya sih ngajarin anak-anak untuk main permainan ini bareng anak-anak tetangga. Tapi ngumpulin karetnya lama juga ya sampai kelupaan. Syukurlah ada pelajaran tentang permainan tradisional anak-anak dari sekolah. Jadi setidaknya mereka bisa memainkan dan mengetahui macam-macam permainan bukan cuma game dan game.

"Tulisan ini diikutkan dalam Giveaway Permainan Masa Kecil yang diselenggarakan oleh Mama Calvin dan Bunda Salfa

 

19 komentar:

  1. dulu saya suka main permainan karet. Makin tebal karetnya makin asik :)

    BalasHapus
  2. waktu masih kecil saya dilarang bermain lompat karet ini Mbak, alasannya ada teman saya yang mengalami salah urat pada saat melompat :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya ya, saya belum nemuin kejadian begitu. kalau main benteng tuh baru deh sering jatuh karena dikejar-kejar musuh

      Hapus
  3. Ada tuh yang jual karet gelang, Vin ... biasanya di bagian penjualan barang2 utk pesta. Kalo di sini ada ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya gak kepikiran hehehe...nanti deh dibeli

      Hapus
  4. Saya suka main lompat tali juga kayak gitu dulu. Hanya saja selalu menjadi pemain cadangan karena saya tidak bisa jika karetnya sudah dipasang terlalu tinggi.


    Terima Kasih sudah ikut GA saya dan mbak Lidya

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh ini GA nya mba rahmah to...? sukses yaa...

      Hapus
  5. Aduhhh ini kok temanya sama dengan postingan saya.. Tapi duluan mbak Vina postingnya, hihihi..
    Tapi meski temanya sama2 lompat tali, tapi isinya beda, dong..
    Yeyyy, ternyata kita sama2 penggemar pemainan ini ya, Mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyalah pasti ada yang sama kan ini permainan yang banyak dimainkan anak-anak jaman dulu :)

      Hapus
  6. Aduhhh ini kok temanya sama dengan postingan saya.. Tapi duluan mbak Vina postingnya, hihihi..
    Tapi meski temanya sama2 lompat tali, tapi isinya beda, dong..
    Yeyyy, ternyata kita sama2 penggemar pemainan ini ya, Mbak :D

    BalasHapus
  7. Memang asyik ya, Mbak, bermain karet. Kayaknya dulu permainan ini emang hits abis.

    BalasHapus
  8. anak saya pernah pengen bikin karet utk lompat karetnya, akhirnya beli karet seplastik besar dan menjalin karetnya deh... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku juga mau beli aja karetnya klo ngumpulin lama

      Hapus
  9. paliing suka banget permainan ini, karena aku selalu menaaaang , yihaaa!!

    BalasHapus
  10. paliing suka banget permainan ini, karena aku selalu menaaaang , yihaaa!!

    BalasHapus
  11. harus ambil ancang2 yang bagus ya supaya bisa melompati karet saat merdeka. wah seru permainan tali karet ini. Terima kasih ya sudah berpartisipasi

    BalasHapus
  12. Kalo yang sampe satu jengkal di atas kepala itu harus lariii dari jauh biar sampe hehehe

    BalasHapus

Komentar baik berupa kritik maupun apresiasi baik yang sopan amat saya nantikan, terima kasih telah singgah di blog ini :)

Share